About PGRI

Universitas PGRI Yogyakarta adalah salah satu lembaga pendidikan yang menaungi beberapa Program Studi, salah satunya adalah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan salah satu program studi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Prodi PGSD UPY mulai dibuka pertama kali di tahun 2007. Jumlah mahasiswa yang semakin meningkat setiap tahun membuat prodi PGSD semakin aktif untuk melakukan peningkatan profesionalisme dalam bekerja.

 

Pada tanggal 25 September 2017 pukul 08.00-selesai, Program Studi PGSD mengadakan kegiatan Kuliah Umum. Kegiatan Kuliah Umum wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru PGSD angkatan 2017. Kuliah Umum ini merupakan kegiatan atau agenda wajib Program Studi PGSD setiap tahun. Selain untuk menunjang akreditasi, kuliah umum ini diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa Program Studi PGSD yang bisa diterapkan ketika nanti sudah terjun di lapangan. Mahasiswa PGSD Universitas PGRI Yogyakarta diharapkan mampu bersaing dan memenuhi tantangan masa depan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar diorientasikan pada pendidikan dan pembelajaran siswa di Sekolah Dasar (SD). Bagaimana siswa diajarkan dan dibelajarkan secara nyaman dan menyenangkan serta membentuk pribadi yang sesuai dengan harapan bangsa. Sebagai calon pendidik di Sekolah Dasar, mahasiswa diberikan wawasan dan diberikan kesempatan untuk menggali potensi masing-masing mahasiswa dan membentuk karakter sejak di bangku perkuliahan.

 

Kuliah Umum PGSD 2017 mengambil tema “Menggali Potensi dan Membangun Karakter Mahasiswa PGSD Guna Menyiapkan Pendidik Masa Depan yang Profesional Dan Berkarakter”. Tujuan diadakannya Kuliah Umum dengan tema ini yaitu, pertama untuk membekali mahasiswa baru PGSD sebelum melaksanakan perkuliahan sehingga mereka memiliki kesiapan diri untuk melaksanakan perkuliahan. Kedua, mempersiapkan mahasiswa baru PGSD sebagai calon guru SD yang profesional dan berkualitas. Seorang guru merupakan sosok pertama yang menjadi andil atas kesuksesan yang diperoleh peserta didik, oleh karena itu seorang guru dituntut untuk mampu meningkatkan kinerja dalam mendidik dan mengajar agar dapat menciptakan peningkatan mutu pendidikan. Ketiga, mengembangkan potensi diri dan membentuk karakter calon guru SD sejak dibangku perkuliahan. Oleh karena itu, Pendidikan Guru Sekolah Dasar sangat penting untuk mencetak guru SD yang profesional dan berkarakter, serta memiliki kualitas pendidikan ketika sudah terjun di dunia kerja.

 

Pada kuliah umum ini, ada 2 pemateri yang memberikan materinya kepada mahasiswa baru, pembicara pertama yaitu H. Saijan, S. Ag. M.S.I, Beliau adalah Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Nitikan, banyak prestasi yang sudah diraih yaitu Juara Nasional Kepala Sekolah Berprestasi pada tahun 2008, Juara Nasional Pendidikan Karakter pada tahun 2013, Juri Lomba Kepala Sekolah Berprestasi tahun 2009 sampai sekarang. Pembicara kedua yaitu Eni, Norhayati, Beliau adalah Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Kadisoka, banyak juga prestasi yang sudah dicapai yaitu Juara 1 Guru Berprestasi Tingkat Kecamatan Kalasan pada tahun 2015, Juara 1 Guru Berprestasi Tingkat Kecamatan Kabupaten Sleman pada tahun 2015, Juara 1 Guru Berprestasi Tingkat Provinsi DIY pada tahun 2015, Juara 3 Guru Berprestasi Tingkat Nasional pada tahun 2015. Beliau juga salah satu penulis Soal UN Provinsi DIY pada tahun 2011, 2012, 2014 dan 2017. Antusiasnya mahasiswa baru ketika mengikuti Kuliah Umum menghadirkan beberapan pertanyaan. Pertanyaan tersebut disampaikan pada saat sesi tanya jawab. Pertanyaan yang di sampaikan juga berkualitas, walaupun baru semester awal.

Jl. PGRI 1 Sonosewu No. 117, Sonosewu, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55182