Pada Bulan Juli sampai dengan Bulan Oktober Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta (UPY)  telah melakukan program Penugasan Dosen di sekolah (PDS). PDS ini merupakan hibah revitalisasi Lembaga Pendidikan Tingi Keguruan (LPTK) dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahawasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti. Dalam Program ini dosen harus menjalani tugasnya sebagai guru di sekolah dengan menyesuaikan diri dengan lingkungan di sekolah mitra. Dengan demikian, dosen tersebut akan lebih memahami kondisi di sekolah yang nantinya akan berdampak terhadap pembentukan mahasiswa sebagai calon guru yang berkualitas.

Program Hibah PDS ini melibatkan empat program studi di FKIP yaitu PPKn, BK,

Pendidikan Matematika, dan PGSD. Selanjutnya terdapat 6 Sekolah di Yogyakarta yang menjadi mitra UPY dalam pelaksanaan ini yakni, SMK Negeri 1 Kasihan Bantul, SMP Negeri 11 Yogyakarta, SMA Negeri 7 Yogyakarta, SD Negeri Padokan 2, SD Negeri Tamansari 2, dan SD Muhammadiyah Ambarbinangun.

Pelaksanaan kegiatan PDS FKIP UPY Tahun 2018 berada di bawah tanggung jawab langsung Rektor dan dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP UPY dengan menugaskan pelaksanaan kegiatan kepada Tim Task Force yang telah ditunjuk dan ditetapkan dengan SK Rektor UPY. Kegiatan PDS ini menugaskan 8 dosen pelaksana PDS yaitu Prof. Dr. Buchory MS, M.Pd. (PPKn), Dra. Nur Wahyumiani, M.A. (BK), Dra. Suharni, M.Pd. (BK), Dr. Sukadari, S.E.,S.H., M.M (BK), Dra. Kristina Warniasih, M.Pd. (P. Mat), Dra. MM. Endang Susetyawati, M.Pd. (P.Mat), Dr. Sunarti (PGSD) dan Setyo Eko Atmojo, M,.Pd. (PGSD).

Kegiatan PDS ini di ketuai oleh Ibu Budiharti,M.Pd, Sekretaris : Ari Wibowo, M.Pd. dan beranggotakan Deri Anggraini. M.Pd, Setyo Eko Atmojo, M.Pd. Rina Dyah Rahmawati, M.Pd. Hengki Yudha Barnaba, M.Pd. Bahtiyar Heru Susanto, M.Pd.

Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP UPY menjelaskan bahwa tujuan Program PDS tersebut yakni memberikan pengalaman bagi dosen memahami perkembangan dan karakteristik peserta didik, mengelola kegiatan pembelajaraan yang mendidik di sekolah dan menghayati pengalaman keseharian dan nuansa sosio-kultural sekolah. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menghasilkan perangkat pembelajaraan kolaboratif antara dosen dengan guru sekolah mitra, menciptakan pembelajaran yang bermutu dengan indikator, terciptanya iklim pembelajaraan yang semakin baik, perangkat pembelajaraan yang semakin berkualitas dan meningkatnya prestasi belajar. Beliau yang sekaligus menjadi ketua program menambahkan PDS Sudah berjalan lancar, mulai dari kegiatan sosialisasi, workshop perangkat pembelajaran, pelaksanaan PDS dan diseminasi hasil PDS. Dengan adanya PDS diharapkan dapat menguatkan kemitraan antara UPY dengan sekolah mitra, kaitannya dengan perbaikan mutu pembelajaran di sekolah dan di LPTK. Dengan adanya PDS dosen tidak hanya mengajarkan teori ke mahasiswa tetapi juga membawa Best Practice PDS ke dalam perkuliahan sehingga dapat memberikan gambaran tentang mengajar di sekolah secara langsung.

Prof. Buchorry MS, M.Pd., selaku dosen pelaksana PDS menyatakan bahwa “Menurut saya Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) ini mempunyai multi guna atau kemanfaatan. Sangat bermanfaat bagi dosen pelaksana, guru mitra, peserta didik, sekolah, dan LPTK sebagai penyelenggara. Dosen dan guru mitra secara kolaboratif terlibat dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi proses dan hasil pembelajaran PPKN. Pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achiecement Devision ( STAD) menjadikan suasana pembelajaran lebih bersifat inovatif, menyenangkan, dan mengaktifkan peserta didik. Dengan model pembelajaran ini maka mata pelajaran PPKn di kelas XI MIPA2 yg waktunya jam 3-4 setelah kegiatan olah raga dirasakan peserta didik lebih antusias dengan tingkat partisipasi aktif yg sangat tinggi sehingga tidak ada yang malas dan tidak ada yg ngantuk karena mereka fokus menyajikan materi secara  kelomok, menanggapi pertanyaan atau sanggahan dari kelompok lain secara bergantian. Dalam proses pembelajaran ini disertai dengan dilaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang hasilnya ditulis dalam bentuk artikel ilmiah yang siap dimuat dalam jurnal ilmiah nasional. Sekolah dapat memperoleh pengalaman menyelenggarakan proses pembelajaran dengan model baru sdhingga dapat diterapkan di kelas – Kelas  yg lain. LPTK juga memperoleh kemanfaatan dari program PDS ini karena sebagai institusi yang bertugas menyiapkan calon tenaga pendidik, maka pengalaman dosen pelaksana PDS dpt disampaikan kepada para mahasiswa yang diampunya sehingga para mahasiswa memperoleh informasi nyata  kegiatan pembelajaran di sekolah. Dengan demikian program PDS ini baik secara langsung mempunyai kontribusi nyata dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan nasional sehingga perlu dipertimbangkan untuk diteruskan penyelenggaraannya.”

Selanjutnya, pelaksanaan PDS ini mendapat sambutan yang baik dari sekolah mitra karena memberi dampak positif baik LPTK maupun sekolah mitra. Sementara itu Drs Budi Basuki, MA Kepala Sekolah SMA 7 Yogyakarta yang menjadi mitra PDS UPY menilai bahwa PDS sangat baik serta inovatif dan memberi kontribusi dan manfaat bagi sekolah. “ PDS sebaiknya lebih diintensifkan dan dikembangkan di masa yang akan datang” ujarnya.

Pelaksanaan Diseminasi hasil PDS
Pelaksanaan Pembelajaraan Oleh Prof. Dr. Buchory MS, M.Pd.