

Perjalanan selanjutnya yang tidak kalah terkesan dari perjalanan sebelumnya,
berkunjung ke Universitas Negeri Surabaya, dalam rangka seminar dengan topik
“Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Karakter BAIK (Berbudaya,
Agamis, Inovatif dan Agamis). Lima dimensi Pendidikan literasi media yaitu, akses,
analisis, kreasi, refleksi, dan aksi.
Materi Pertama yang disampaikan oleh Bapak Ulhaq Zuhdi dengan topik
“Media Interaktif BAIK dalam Meningkatkan Keterampilan Kreatif dan Bahasa
Produktif Mahasiswa PGSD” berdasarkan penelitian sesuai wawancara pada guru
sekolah dasar umumnya khususnya Surabaya pembelajaran TIK di SD Negeri
umumnya
- Belum ada pembelajaran coding
- Ada sarana dan prasarana untuk pembelajaran TIK tetapi computer dan gadget
masih aman tersimpan dengan alasan bantuan dari negara takut rusak.
Materi Kedua yang disampaikan oleh Ibu Dr. Muhardilla Fauziah, M.Pd.
menurut Gadne dan Briggs (1979:19) media pembelajaran meliputi alat yang baik
secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pembelajaran yang terdiri
buku tape recorder, kaset,video, computer. Menurut Gerlach dan Ely (1971) media
pembelajaran adalah manusia materi,dan kejadian yang dapat membantu siswa
memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan skill. Mendikbudristek Nadiem
Makarim ada tiga keterampilan Bahasa yang wajib dikuasai anak-anak
- Bahasa inggris sebagai Bahasa asing
- Bahasa pemograman atau disebut coding
- Bahasa data.